Jaringan Aman – XL Axiata Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Sulawesi Selatan

Makasar, 25 Januari 2019. Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan dalam pekan ini telah menganggu aktivitas sebagian masyarakat. Meski demikian, hingga saat ini banjir tersebut tidak berdampak secara signifikan terhadap infrastruktur jaringan XL Axiata di lokasi-lokasi terlanda bencana. Dari sekitar 370 BTS XL Axiata yang terdapat di Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, dan Pangkep –  daerah yang paling parah terlanda banjir – , hanya beberapa BTS yang sempat terkendala. Agar tidak mengganggu layanan kepada pelanggan, tim teknis XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan untuk meng-cover BTS yang terkendala.

Group Head XL Axiata Region East, Mochamad Imam Mualim mengatakan, “Di beberapa titik, banjir telah menyebabkan BTS kami tidak bisa beroperasi karena adanya pemadamann aliran listrik. Hal ini bisa dimaklumi karena sangat beresiko jika listrik tetap dialirkan dan ada banjir di situ. Kami telah mengantisipasinya dengan menyalakan genset untuk beberapa titik BTS yang memang masih memungkinkan dijangkau dan perangkat tidak terendam air. Sementara itu di lokasi yang tidak bisa dijangkau karena banjir, kami harus menunggu surutnya air.”

Menurut Imam Mualim, meski beberapa BTS terganggu, namun hal itu tidak menyebabkan penurunan kualitas jaringan karena tim XL Axiata telah melakukan rekayasa jaringan sehingga layanan tetap bisa dilakukan. Pihaknya sangat menyadari dalam kondisi bencana seperti saat ini, justru layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan oleh pelanggan maupun aparat yang menangani dampak bencana. Tim XL Axiata akan terus bersiaga mengantisipasi situasi yang terjadi. Sejumlah persiapan juga dilakukan untuk menghadapi apapun kondisi yang akan datang.

Bantuan darurat

XL Axiata juga mendukung upaya pemulihan kondisi pasca bencana banjir bandang di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan. Untuk keperluan itu, XL Axiata menyalurkan bantuan yang bersifat darurat utk warga yang terdampak bencana. Bantuan yang telah tersalurkan antara lain berupa bahan makanan, obat-obatan, dan selimut.  Lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian yang terdampak paling serius.  Untuk penyaluran bantuan ini, XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan sampai ke warga yang membutuhkan bantuan.

Imam Mualim menyebut, XL Axiata telah menjadi bagian dari masyarakat di Sulawesi Selatan, termasuk di area-area yang mengalami musibah banjir bandang. Karena itu, XL Axiata ikut merasakan penderitaan masyarakat dan mendukung semua upaya untuk pemulihan kondisi pasca bencana. Timnya di lokasi bencana akan mulai menyalurkan bantuan darurat dan akan terus mendata apa saja yang bisa kami bantu selanjutnya.


Tentang XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.  XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Tri Wahyuningsih

Group Head Corporate Communication XL Axiata  

Telp      : +62817113369

Email    : [email protected]